Cara Mudah Riset Keyword dengan Google

Post On: 15 July 2020
July 15, 2020

Cara Mudah Riset Keyword dengan Google

Keywords atau kata kunci sangatlah penting untuk mengoptimalkan suatu web/blog. Apalagi jika tujuan utama Anda membuat web/blog adalah untuk profit. Untuk itu, sebelum membuat suatu web/blog, akan lebih baik jika Anda menganalisa terlebih dahulu keyword dan topik apa yang ingin anda targetkan ke web/blog Anda. Kebanyakan Blogger dan Webmaster yang baru mulai bergelut di dunia Internet tidak menghiraukan hal ini, padahal hal ini sangat penting.

2 hal paling utama dalam menentukan keyword adalah :
1). Seberapa sering keyword ini digunakan oleh pengguna internet
2). Relevansi keyword dengan tema web/blog kita serta produk yang akan kita pasarkan (jika Anda mempunyai produk).

Dengan mengetahui hal itu, akan menumbuhkan suatu ide bagi kita untuk membuat suatu web/blog dengan tema yang banyak dicari.

Untuk urusan seperti ini, Google ternyata merupakan tempat analisa keyword yang bagus. Untuk mengetahui jumlah pencarian suatu kata kunci, kita bisa menggunakan Jasa Google Adwords.

Bukankah Google Adwords merupakan jasa periklanan yang berbayar?

Ya..benar, tapi dihalaman depan Google Adwords disediakan Tool untuk mendapatkan Gagasan kata Kunci untuk para pengiklan dan bisa digunakan dengan Gratis. Kita yang bukan pemasang iklan pun bisa menggunakannya. Nah, tool inilah yang dapat digunakan untuk menganalisa jumlah pencarian terhadap suatu kata kunci/analisa keyword. Sehingga kita bisa tahu apakah kata kunci yang kita pilih banyak dicari atau tidak.

Klik DISINI untuk menuju ke layanan Google Adwords.  Lalu loginlah dengan akun Google Anda. Pada halaman depan, klik tulisan “Alat & Setelan” – “Keyword Planner”.

Klik pada kotak “Temukan kata kunci baru”:

Lalu masukkan kata kunci yang ingin Anda riset pada kotak yang disediakan, misalnya “Tips Blogging”. Jika ada verifikasi kode, masukkan kode yang disediakan. Jangan lupa sesuaikan Negara dan Bahasa untuk kata kunci yang ingin Anda riset. Setelah itu, klik tombol “DAPATKAN HASIL”

Maka data mengenai kata kunci yang Anda masukkan pun akan muncul. Perlu dicatat bahwa yang dimaksud “Persaingan” pada data kata kunci tersebut adalah tingkat persaingan di Adwords untuk iklan dengan kata kunci tersebut, bukan persaingan kata kunci tersebut di Search Engine Google.

Selain Google Adwords, kita juga bisa menggunakan Google Trends yang berguna untuk mencari topik yang sedang populer saat ini. Klik DISINI untuk menuju layanan Google tersebut.

Selain tingkat kepopoleran keywords, jumlah persaingan keywords juga harus Anda perhatikan. Karena jika Anda membidik keywords tertentu, bukan hanya Anda saja yang membidik keywords tersebut. Pasti ada ratusan, ribuan, bahkan ratus ribuan orang yang membidik keywords yang sama. Lalu bagaimana caranya mengetahui jumlah persaingan keywords? Lagi-lagi ini bisa dilakukan dengan bantuan Google.

Caranya, masuk ke situs Google lalu ketikkan keywords yang Anda ingin analisa. Misalnya, Anda ingin menganalisa keyword “Tips Blogging”. Masukkan kata-kata tersebut di mesin pencari Google, klik “search” dan lihat jumlah pencarian terkait yang Ada.

Kita lihat ada 121.000.000 hasil yang berarti ada 121 juta situs yang berhubungan dengan keyword tersebut. Ini menandakan persaingan untuk kata kunci ini cukup ramai. Yang harus dilakukan adalah memikirkan celah yang bisa dimasuki dan membuat target baru dengan memasukkan frase yang masih berkaitan dengan “Tips Blogging”, namun dengan tingkat persaingan yang rendah. Kita coba frase baru “Tips Blogging untuk pemula”.

Ada 4.130.000 halaman yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Bandingkan dengan 121 juta tadi. “Tips Blogging untuk pemula” memberi kita peluang lebih bagus untuk mendapat peringkat teratas di Search Engine.

Namun yang perlu diperhatikan, penjelasan diatas hanyalah sebuah contoh. Bagaimana pun kreativitas dan keuletan Andalah yang dibutuhkan disini.

Semoga bermanfaat…

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *