Cara Membuat Blog Yang Populer

Post On: 17 September 2020
September 24, 2020

Apakah anda memiliki Blog namun sepi pengunjung? Sebenarnya, anda tidaklah sendiri. Ada banyak blogger di luar sana mengalami masalah yang sama. Bahkan, setelah anda menulis banyak konten untuk blog, belum tentu konten tersebut dibaca oleh banyak orang. Kalaupun dibaca, mungkin jumlah pengunjungnya belum sesuai dengan harapan Anda. Seberapa banyak pun konten yang sudah anda Buat, tidak akan ada gunanya jika tidak sampai ke Audiens yang menjadi sasaran anda. Lalu, pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat blog yang populer dan menguntungkan?

Cara Membuat Blog Yang Populer dan Banyak Pengunjung
Pada intinya, setiap blog memiliki sifat yang berbeda. Peminatnya berbeda, karena niche yang disajikan juga berbeda. Namun, yang lebih penting lagi adalah bagaimana anda sebagai Blogger mampu menjadikan blog tersebut populer sesuai dengan segmen audiens yang menjadi sasaran. Kisah seorang blogger bernama Guy Kawasaki mungkin dapat menjadi inspirasi bagi Anda. Dalam beberapa bulan setelah meluncurkan blog-nya, Guy berhasil menarik lebih dari 4.000 pembaca setiap harinya. Lalu, apa yang dilakukan oleh Guy untuk sampai ke tahap itu?

Guy Kawasaki adalah seorang penulis. Ia juga terkenal sebagai seorang pembicara bidang bisnis. Inilah yang memberikan nilai tambah terbesar terhadap profesi tambahannya sebagai Blogger. Saat menghadiri event menulis atau hadir sebagai pembicara di suatu acara, maka otomatis media akan menyebarkan berita tentang Guy dan juga blog miliknya.Tentunya, tidak semua orang memiliki kemampuan seperti Guy. Lalu, apa yang harus Anda lakukan?

Mungkin anda memiliki sebagian bakat Guy Kawasaki, misalnya, menulis. Anda bisa menulis konten yang menarik, dilengkapi gambar dan media visual yang cantik. Lalu, mengapa blog anda tidak kunjung mendapat banyak visitor? Jika masalah anda seperti ini, mungkin strategi pemasaran anda yang perlu diperbaiki. Permasalahannya, banyak Blogger yang tidak tahu bagaimana cara mendapatkan traffic secara organik. Tidak sedikit yang hanya menggunakan strategi acak, sehingga sasarannya tidak jelas dan metode yang dipilih tidak fokus.

Pemasaran Yang Tepat
Membangun traffic Blog berarti bekerja. Anda tidak akan pernah mendapat traffik jika tidak bekerja keras. Hanya anda yang akan melakukannya, terutama di tahap-tahap awal sebelum blog anda mencapai popularitas yang diharapkan. Jika anda ingin tahu cara membuat blog yang populer, maka pastikan anda memahami cara memasarkannya. Berikut adalah beberapa tahapan yang bisa anda lakukan:

1. Pastikan Konten Anda Berharga
Hal pertama yang harus anda pastikan saat membangun sebuah blog baru adalah bahwa konten yang anda sajikan kepada Audiens cukup bernilai untuk dibaca. Layaknya mempublikasikan sebuah majalah. Majalah tidak akan layak dipublikasikan jika isinya hanya dua artikel. Demikian juga dengan Blog anda, jika isinya sangat sedikit dan kualitasnya tidak cukup baik, maka pengunjung akan langsung meninggalkannya tanpa mengeksplorasinya lebih dalam. Untuk itu, cobalah menjawab beberapa pertanyaan berikut:
Apakah yang paling menarik dari blog anda?
Apakah konten blog anda cukup banyak?
Apakah konten anda cukup berkualitas?

Tentunya, tidak semua pertanyaan ini bisa Anda jawab sendiri. Adakalanya, jawaban atas pertanyaan tersebut bisa Anda dapatkan setelah melakukan analisis terhadap ukuran-ukuran yang disediakan mesin pencari. Misalnya adalah rata-rata lamanya pengunjung di blog Anda, jumlah konten dan halaman web yang mereka kunjungi, dan sebagainya.

2. Pastikan Profil Blog Anda Jelas
Bahkan sebelum Anda mulai mempublikasi konten, pastikan informasi tentang Blog dan diri anda disajikan dengan benar. Konkritnya seperti ini: saat pengunjung datang, mereka langsung memahami tentang apa Blog Anda dan jenis informasi yang anda sampaikan di dalamnya. Misalnya, jika anda memilih niche kesehatan, pastikan isi konten difokuskan pada bidang kesehatan. Sekalipun konten Anda cukup bagus, namun jika isinya campur-aduk, pengunjung tetap saja akan kebingungan.

Selain itu, pastikan ada halaman Contact pada Blog. Ini memudahkan pembaca untuk menghubungi anda, seandainya ada informasi yang ingin diketahui lebih lanjut. Sebaiknya, cantumkan juga gambar wajah anda, untuk memberi tahu kepada pembaca bahwa anda bukanlah blogger bayangan. Selain itu, upayakan untuk menyertakan informasi berikut di halaman kontak:
– Alamat Email
– Kontak Telegram atau WhatsApp
– Profil media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya

Sebagai salah satu cara membuat Blog yang populer melalui konten, Anda sebaiknya mengutamakan Artikel Plar. Artikel ini tidak hanya semata-mata relevan, bebas copy-paste, dan original. Namun, substansi atau muatan di dalamnya merupakan sesuatu yang berharga dan edukatif bagi pembaca. Artikel Pilar bersifat timeless alias tidak lekang oleh waktu.

3. Bangun Fondasi yang Kuat dari Awal
Pondasi yang kuat harus dibangun dari awal, bahkan sebelum Blog anda diluncurkan. Apakah anda pernah mendengar istilah Pre-launch. Pre-launch mengacu kepada upaya yang anda lakukan sebelum peluncuran Blog. Misalnya, anda bisa melakukan promosi atau kampanye melalui media sosial beberapa bulan sebelum Blog anda diluncurkan. Buatlah calon pembaca anda penasaran, sehingga mereka menantikan tanggal yang sudah anda tetapkan.

Anda juga bisa menggunakan fitur pengingat pada interval waktu tertentu, misalnya setiap minggu. Dengan cara ini, Audiens tidak lupa bahwa ada momen peluncuran yang sedang dinantikan. Di tahap pre-launch, anda juga bisa menyertakan promosi untuk menarik minat Audiens. Misalnya, menyediakan e-book gratis yang bisa didownload setelah mereka melakukan subscription. Strategi Anda gunakan bisa saja berbeda, namun pada intinya, Anda harus memastikan bahwa calon Audiens menerima pesan bahwa Blog Anda memang dikelola secara profesional.

Sekian, Semoga bermanfaat..

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *