Cara Gampang Mencari Ide dan Menulis Untuk Konten Blog? Copy Paste?

Post On: 19 September 2020
September 16, 2020


Menulis adalah kemampuan yang harus dimiliki seorang Blogger. Mengupdate konten dengan menulis artikel-artikel terbaru yang bermanfaat untuk para pembaca setia Anda pastinya sudah menjadi rutinitas harian yang menyenangkan (menyenangkan bukan?). Hal ini berkalu bagi siapa saja yang menekuni dunia Blogging seperti saya dan Anda. Namun, bagi beberapa orang menulis adalah hal yang cukup sulit dilakukan. Terkadang kita bingung dan kehabisan ide mengenai hal apa yang ingin kita tulis. Kalau pun ide sudah didapat, kita masih bingung bagaimana mulai menulis dan merangkainya agar menjadi satu artikel utuh yang dapat dinikmati Pembaca. Ada pula yang melakukan Googling terlebih dahulu untuk menemukan ide, membaca artikel-artikel dari website lain, berusaha menemukan topik menarik untuk kemudian dituangkan ke dalam Blognya.

Daripada repot-repot, Kenapa Tidak Langsung Copy Paste Konten dari Website lain saja? Well, ada banyak alasan untuk tidak melakukan hal ini dan jangan sampai Anda melakukan hal ini. Dua diantaranya adalah:
1. Etika, sepertinya tidak perlu saya terangkan mengapa Copy Paste melanggar etika
2. Artikel Copy Paste akan ditandai sebagai Duplicate Content oleh Google, sehingga akan membuat reputasi Website Anda buruk di mesin pencari, serta tidak bisa dipasang Adsense

Nah, dua hal tersebut sudah cukup menjadi alasan untuk tidak melakukan Copy Paste bukan? 🙂

Tapi sebenarnya apa saja yang menjadi kendala bagi seseorang untuk mencari ide dan menulis? Pastinya ada banyak faktor, tapi menurut Saya kendala yang sering dihadapi adalah:
1. Saya newbie, tidak tau apa-apa untuk ditulis
2. Saya newbie, menulisnya masih belepotan, gak enak dibaca
3. Topik yang ingin Saya tulis sudah banyak dibahas di website lain
4. Sulit menemukan ide baru untuk ditulis
5. Males… 🙂

Saya sendiri pernah mendapatkan keluhan seperti ini:

Mas, Saya masih kesulitan untuk menulis konten yang menarik, rasanya kok sulit sekali bagi saya, soalnya saya tidak tahu apa-apa dan masih Pemula

Sepertinya masalah ini memang butuh perhatian, khususnya bagi Blogger Pemula yang tidak tau apa-apa :). Saya pun masih Pemula kok jadi Anda tidak perlu kecil hati sebagai Pemula. Justru Anda harus bangga karena sudah memiliki keberanian untuk memulai. Semua orang pada awalnya pastilah seorang Pemula yang tidak tau apa-apa. Yang paling penting, Anda menikmati proses menggeluti dunia Blogging ini, sehingga perjalanan panjang Anda bisa terus berlangsung secara konsisten.

Lalu bagaimana cara mengatasi kesulitan ide dan menulis konten Blog ini? Untuk Pemula, sebenarnya Anda tidak perlu selalu menemukan hal baru untuk ditulis. Anda bisa melakukan teknik klasik yang disebut ATM (Amati Tiru Modifikasi) untuk “memposting ulang” artikel-artikel dari website lain ke Blog Anda. Tapi ingat, ini bukan Copy Paste!

Dalam menulis konten di internet, para penulis tersebut sebenarnya juga mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dari website-website lain. Contohnya, Penulis website Review Gadget membutuhkan informasi mengenai Spesifikasi yang bisa didapatkan dari website lain. Begitu juga dengan website Berita Politik dan Gosip, Berita olah raga, finansial, dan sebagainya. Sehingga artikel-artikel yang disajikan sebenarnya hanyalah informasi sama yang disajikan berulang-ulang kali dengan gaya yang berbeda. Hal ini karena informasi-informasi tersebut adalah informasi umum yang boleh disebarluaskan.

Jadi, walaupun isi artikel-artikel tersebut secara garis besar sama, namun cara penyampaiannya berbeda. Informasi yang sama jika cara penyampaiannya berbeda akan memiliki hasil yang berbeda. Untuk itu, jika Anda adalah seorang Pemula yang kesulitan menulis, alih-alih melakukan Copy Paste, kita bisa melakukan cara ini untuk membuat konten di Blog.

Agar lebih jelas, berikut langkah-langkah teknisnya:

  1. Lakukan Googling atau Browsing untuk mengumpulkan ide
  2. Buat daftar ide dari hasil Browsing Anda
  3. Dari semua ide yang berhasil didapatkan, Tentukan 1 topik yang ingin Anda tulis. Jika bingung, pilih saja ide yang sesuai minat Anda atau sesuatu yang sedang populer
  4. Carilah referensi ke website-website lain yang membahas mengenai topik yang Anda pilih. Usahakan lebih dari 1 sumber agar informasi dalam artikel yang akan Anda tulis nantinya lebih padat
  5. Baca dan pahami semua referensi yang Anda dapat. Semakin banyak referensi yang Anda baca semakin bagus. Karena semakin banyak Anda membaca, semakin luas wawasan Anda dan perlahan-lahan akan melatih kemampuan menyusun kata. Hal ini sangat berguna ketika Anda menulis.
  6. Bangun pemahaman Anda sendiri pada Topik yang dibahas. Jangan takut salah, kecuali Anda membahas hal-hal yang sensitif. Tapi sebagai Pemula saya sarankan Anda tidak membahas hal-hal yang sensitif.
  7. Setelah referensi Anda cukup dan sudah mendapatkan keyakinan untuk menulis, duduk tenang, rileks, dan mulailah. Salah satu hal yang paling sulit saat menulis adalah menulis kata pertama (saya juga pernah), “Kata pertama apa yang akan saya tulis?“. Tapi Anda jangan ragu, tulis saja yang terlintas di kepala. Kalau pun nanti dirasa salah atau kurang cocok, Anda bisa mengubahnya lagi bukan? Ketika Anda sudah mengambil awalan dan mulai melaju, jari-jari akan mulai mengikuti irama hati dan pikiran Anda.

Nah, mulai dari sini kemampuan menulis Anda akan terasah sedikit demi sedikit. Jika Anda konsisten, lama kelamaan tulisan Anda akan memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas atau Diferensiasi sangat penting di dunia Blogging. Ada jutaan Blog di luar sana yang mungkin topiknya sama dengan Blog Anda.

Apakah tips yang saya berikan terlihat sulit? Nyatanya untuk membangun sebuah Blog yang sukses tidaklah mudah. Proses seperti ini memang harus Anda lewati untuk terus menjadi lebih baik setiap harinya. Dan menurut Saya, sebagai Blogger, Anda harus bisa menulis. Bukannya melakukan Copy Paste dari Blog lain dan berharap Blog Anda sukses karena hal tersebut.

Harap dikoreksi jika ada yang salah, artikel ini terbuka untuk saran dan kritik yang membangun.
Semoga Bermanfaat..
Terima kasih..

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *