Bagaimana Cara Memilih Tema Blog yang Tepat?

Post On: 13 July 2020
September 24, 2020


Ketika Kita ingin mulai membangun sebuah Blog, pertanyaan yang sering muncul pertama kali adalah:

Topik Blog apa yang akan Saya pilih?

Ini adalah sebuah keputusan besar yang akan Kita ambil dan sebuah titik dimana semuanya bisa berjalan salah.

Memilih Topik Blog yang salah akan membuat Anda berjalan di jalur yang salah dan butuh waktu beberapa lama sebelum Anda menyadarinya kemudian mengubah arah.

Beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika seseorang memilih Topik Blog yaitu:
1. Memilih Topik Blog karena melihat orang lain bisa menghasilkan uang dari Topik tersebut
2. Memilih Topik Blog dimana Anda sangat ahli pada Topik tersebut namun sangat sedikit orang yang membutuhkannya
3. Memilih Topik Blog yang mana pengetahuan Anda sangat minim pada bidang tersebut dan sama sekali tidak memiliki pengalaman praktis disana
4. Hati-hati ketika Anda memilih Topik yang terlalu beragam dan tidak saling terkait. Kecuali Anda ingin membangun Personal Blog yang topiknya bisa bermacam-macam.

Lalu Bagaimana Jika Sampai Saat Ini Anda Belum Mempunyai Ide?

Jika Anda kesulitan menemukan Ide untuk Topik Blog, cobalah untuk menuliskan daftar hobi, minat, pendidikan, pengalaman dan keterampilan Anda dalam berbagai bidang kehidupan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menemukan Topik Blog yang tepat.

Dalam banyak kasus, akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk memilih Topik Blog dari sesuatu yang Anda minati, sehingga saya pun menyarankan Anda untuk mengambil jalan ini. Menulis mengenai Topik yang kita minati dan dapat bermanfaat untuk orang lain merupakan hal yang menyenangkan bukan? Selain itu, hal ini bisa menjauhkan Anda dari kebosanan dini karena menulis akan menjadi kegiatan rutin sehari-hari. Faktor-faktor ini tentu saja akan meningkatkan peluang Anda untuk bisa menghasilkan uang dari Blog yang Anda bangun. Passion to Profit!

Ketika Blog Anda sudah memiliki Traffic, maka Anda sudah bisa menghasilkan uang. Tapi, mendatangkan Traffic ini lah yang menjadi masalahnya. Uang akan datang cukup mudah ketika gelombang Traffic sudah Anda dapatkan. Sehingga, lebih baik Anda menggali Topik Blog yang paling potensial untuk menjaring Audiens sebanyak-banyaknya. Di masa-masa awal membangun Blog, jangan lihat berapa uang yang Anda dapatkan hari ini tapi lihatlah berapa pengunjung Blog Anda hari ini.

Untuk Anda yang sedang berjuang mendapatkan ide, saran saya segera pilihlah satu dan mulai serius menggarapnya. Anda harus benar-benar fokus terhadap Topik tersebut sebelum akhirnya mengetahui apakah Topik tersebut bisa membawa banyak Traffic atau tidak. Curahkan 100 persen usaha Anda kepada 1 Blog, itulah peluang terbaik Anda untuk sukses.

Pada masa awal-awal Blogging, catat bahwa kecilnya Traffic belum menjadi penentu apakah Topik Anda banyak diminati atau tidak. Karena jika bicara masalah Traffic, ada banyak faktor lain yang ikut mempengaruhi (Blog kompetitor, jumlah persaingan, dll). Yang perlu Anda perhatikan adalah reaksi pembaca yang berkunjung ke Blog Anda (melalui kolom komentar). Dari sini Anda akan melihat isi Blog Anda dari sudut pandang pembaca. Tidak jarang mereka akan memberikan komentar yang berisi saran dan kritik yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat Blog Anda lebih baik. Ketika sudah banyak pembaca yang memberikan reaksi positif, saatnya mempromosikan Blog Anda secara lebih gencar (mengenai cara-cara promosi Blog akan saya bahas di lain waktu), karena ini menandakan Blog Anda mulai diminati pembaca.

Lakukan terus kegiatan Blogging Anda secara konsisten selama lebih kurang 3 bulan. Di akhir bulan ketiga masa perjuangan Anda terhadap 1 Blog, tarik kesimpulan apakah Blog tersebut berhasil atau tidak. Anda bisa melanjutkan Blog tersebut jika sepertinya akan mendapatkan Traffic dan daya tarik yang bagus bagi pembaca. Atau berpindah ke topik lain jika dirasa sebaliknya.

Bahkan, kalau pun di akhir bulan ketiga Blog Anda belum memiliki Traffic, Anda tetap akan memiliki ASET. Yap, Blog tersebut tetap akan menjadi aset Anda. Blog tersebut tetap memiliki konten yang Anda update selama 3 bulan, mungkin saja nanti Anda bisa menjualnya. Selain itu, selama 3 bulan ini Anda mendapatkan pengalaman berharga yang bisa dibawa ke project selanjutnya. Keep Learning, Keep Doing!

Apakah terlihat sulit? Nyatanya membangun sebuah Blog yang mampu menghasilkan uang tidaklah mudah. Namun, jika Anda terus fokus mengembangkan topik, menyajikan konten-konten original dan berkualitas semenarik mungkin, dan tidak mudah menyerah, kemungkinan besar Blog Anda akan sukses. Semua hal baik pasti butuh waktu, begitu juga dengan perjuangan Anda di dunia Blogging.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat..

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *