3 Tipe Kata Kunci Untuk Mendatangkan Pengunjung

Post On: 18 September 2020
September 24, 2020

Bagi para Blogger, terutama yang masih belajar untuk menjadi Internet Marketer, pemahaman tentang keywords (kata kunci) dan perannya dalam dunia Blogging sangatlah penting. Hal pertama yang perlu Anda lakukan, bahkan sebelum membuat konten untuk website atau blog, adalah menentukan keywords. Kata kunci harus benar-benar dipilih secara seksama, jika anda ingin konten anda menyasar kelompok Audiens yang diinginkan.

Menentukan Keywords: Ketahui 3 Tipe Kata Kunci
Sebelum menentukan keywords untuk website atau blog anda, ada baiknya anda mengetahui dan memahami tipe kata kunci yang umum digunakan. Jenis kata kunci yang Anda pilih dipengaruhi oleh maksud atau tujuan dari website/blog tersebut. Berikut adalah jenis kata kunci yang perlu anda ketahui:

1. Kata kunci untuk Browsing (Keywords for Browsing)
Saat ingin mendapatkan informasi tentang sesuatu, pengguna internet umumnya mengetik sesuatu di browser. Misalnya, jika pengguna internet ingin mendapatkan informasi tentang HP Android, maka mereka mengetik “HP Android” di mesin pencari, seperti Google. Inilah yang disebut kata kunci untuk keperluan mencari informasi atau browsing (keywords for browsing).

Anda juga tentu setuju bahwa kata HP Android ini sangat umum. Biasanya, kata kunci yang sangat umum seperti ini digunakan saat pengguna internet ingin mengetahui informasi apa saja tentang HP Android. Mesin pencari akan menyajikan informasi apa saja, seperti HP Android Terbaru, Harga HP Android, dan sebagainya.

Kata kunci general semacam ini memiliki persaingan yang sangat tinggi. Misalkan toko online anda menjual HP Android, tidak mudah untuk sampai di peringkat teratas di halaman hasil pencarian, karena website atau blog anda harus bersaing dengan ratusan dan bahkan ribuan website lain yang juga menyasar kata kunci yang sama.

2. Kata Kunci untuk Membandingkan (Keywords for Comparing)
Tipe kata kunci ini lebih spesifik, pencariannya lebih sempit, dan mulai mengarahkan pengguna kepada website atau blog tertentu. Misalnya, masih dengan contoh kata kunci “HP Android”. Pengguna mungkin bertujuan membandingkan HP Android merek Oppo dan Vivo. Maka, mereka akan mengetik kata kunci yang memungkinkan mesin pencari menyajikan informasi yang diinginkan, misalnya: “HP Android Oppo vs Vivo”, “Kamera HP Oppo vs Vivo”, “Harga HP Android Oppo dan Vivo”, dan sebagainya.

Atau, jika tujuan pengguna adalah membandingkan harga HP Android, maka mereka juga bisa mengetikkan “HP Android murah” atau “HP Android murah terbaru” di mesin pencari. Seperti namanya, kata kunci untuk perbandingan (keywords for comparing) memungkinkan pengguna menemukan informasi yang lebih spesifik, yakni perbandingan fitur, harga, brand, dan sebagainya.

Artinya, jika website atau blog anda menggunakan salah satu kata kunci di atas, maka kemungkinan website/blog anda tampil di halaman hasil pencarian oleh Google akan lebih besar. Pasalnya, tingkat persaingan dengan website/blog lain sudah lebih rendah.

3. Kata Kunci untuk Membeli (Keywords for Buying)
Ini adalah tingkatan terakhir dalam proses menentukan keywords. Setelah pengguna internet tahu apa yang mereka cari, seperti HP Android merek apa, fitur, spesifikasi, serta range harganya. Maka tahapan selanjutnya adalah mencari HP Android yang diinginkan. Kata kunci yang diketik di mesin pencari juga semakin spesifik, misalnya: “HP Android Gratis Ongkir”, “Pre order Samsung Galaxy S10”, “HP Samsung 2-3 jutaan”, “HP Android 2 Jutaan dengan Kamera Terbaik” dan sebagainya.

Mereka yang menggunakan kata kunci spesifik seperti ini umumnya berniat membeli sesuatu. Nah, jika anda mengelola website atau toko online yang menjual HP Android, maka sebaiknya gunakan kata kunci spesifik yang akan mengarahkan calon pembeli ke situs Anda. Inilah cara untuk menentukan keywords yang dapat anda optimasi di mesin pencari.

Menentukan Keywords untuk Optimasi Mesin Pencari
Setelah menentukan tujuan dari blog Anda, apakah untuk memberikan informasi atau untuk menjual sesuatu, maka tahap berikutnya adalah menentukan keywords untuk keperluan optimasi di mesin pencari. Apa gunanya? Jika blog Anda dirancang untuk monetisasi, pastilah tujuannya untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya. Pada akhirnya, tingkat traffik yang tinggi akan mempengaruhi peluang mendapatkan keuntungan.

Berikut adalah beberapa tips menentukan keywords untuk optimasi mesin pencari:

Hindari Kata Kunci Tunggal
Seperti contoh “HP Android” di atas, kata kunci yang terlalu umum membuat tingkat persaingan sangat tinggi. Saingan Anda mungkin bukan hanya ratusan atau ribuan, namun jutaan website lainnya. Bayangkan jika anda harus bersaing dengan jutaan website dari seluruh dunia untuk merebut posisi teratas pada halaman hasil pencarian Google untuk kata kunci “HP Android”.

Gunakan Multiple Keywords
Sebaliknya, kata kunci yang terdiri dari beberapa kata akan lebih relevan untuk website atau blog Anda, karena dapat mempersempit pencarian. Sebagai contoh, kata kunci “HP Android 2 Jutaan dengan Kamera Terbaik” hanya akan bersaing dengan situs atau website yang menggunakan kata kunci yang sama. Bahkan, dari segi bahasa pun, website/blog Anda hanya bersaing dengan website lain yang menggunakan bahasa Indonesia. Kalaupun nantinya Anda akan menggunakan jasa optimasi keyword dari pihak ketiga, biaya yang harus Anda keluarkan biasanya lebih rendah untuk kata kunci ganda. Karena semakin tinggi persaingan, harga jasa optimasi juga akan semakin tinggi.

Sekian, Semoga bermanfaat..

Artikel Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *